PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ILMU BUNDA KOTA BENGKULU (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bengkulu)

Losvita, Zantyke and Sofino, Sofino and Ari, Putra (2023) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ILMU BUNDA KOTA BENGKULU (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Zantyke Losvita (A1J019009), - Zantyke Losvita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program gerakan literasi oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Ilmu Bunda (studi pada lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kota Bengkulu). Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatatn kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Validasi data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program gerakan literasi oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Ilmu Bunda (studi pada lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kota Bengkulu). Program gerakan literasi dilakukan dalam 3 tahapan, tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan dan tahapan pembelajaran. Tahapan pembiasaan peserta didik melakukan kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai dan membangun lingkungan fisik yang kaya akan literasi, seperti menyediakan perpustakaan, sudut baca dan bahan bacaan tujuannya yaitu untuk menumbuhkan minat baca peserta didik dan kegiatan literasi dalam diri peserta didik. Tahapan pengembangan peserta didik melakukan kegiatan lain sebelum pembelajaran dimulai seperti ice breaking dan juga motivasi diri, menciptakan lingkungan yang nyaman bagi peserta didik, mengembangkan lingkungan fisik yang kaya akan literasi di LPKA kota Bengkulu, memberikan penghargaan berupa ijazah kepada peserta didik atas apa yang telah mereka capai, sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan literasi, melakukan pengembangan kemampuan literasi melalui kegiatan membuat buku cerita bergambar, cerpen, puisi yang dicetak dalam bentuk buku yang sudah berISBN dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi peserta didik, serta melakukan pengembangan kemampuan literasi di perpustakaan. Tahapan pembelajaran peserta didik melakukan kegiatan membaca bersama, kegiatan literasi yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, strategi yang harus disiapkan oleh tutor dalam kegiatan yang sedang terlaksana serta tutor tentunya menggunakan lingkungan fisik, sosial, afektif dan akademik serta beragam bacaan yang kaya akan literasi. Kata Kunci : Literasi, PKBM, LPKA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:49
Last Modified: 13 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19880

Actions (login required)

View Item View Item