PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR LARI JARAK PENDEK 100 METER SISWA KELAS X SMAN 6 KEPAHIANG

Setiawan, Danis and Yahya, Eko Nopiyanto and Andes, Permadi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR LARI JARAK PENDEK 100 METER SISWA KELAS X SMAN 6 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DANIS PERPUS UNIB (123) (1) - Doyan jajan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis video TikTok untuk meningkatkan Proses Belajar Lari Jarak Pendek 100 Meter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Research and Development (R&D). Adapun Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan metode total sampling pada siswa kelas X yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis video TikTok pada materi atletik lari jarak pendek 100 meter kelas X di SMAN 6 Kepahiang melalui model pengembangan ADIIE yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan smartphone yang dibuat menggunakan aplikasi CapCut. Setelah media selesai dikembangkan, maka diperoleh produk akhir berupa media pembelajaran berbasis video TikTok dengan username @realmepro82. Media pembelajaran ini memuat materi atletik lari jarak pendek yang telah dikembangkan menjadi media yang lengkap baik dari segi tampilan, video, dan kelengkapan materi; 2) Hasil uji kelayakan yang dilakukan pada media pembelajaran berbasis video TikTok pada materi Atletik lari jarak pendek 100 meter manusia mendapatkan kriteria sangat layak digunakan, berdasarkan uji kelayakan media mendapatkan persentase 75% dan hasil uji kelayakan materi mendapatkan persentase 83%, dan hasil uji kelayakan bahasa memperoleh persentase 81%, dengan mencocokkan kriteria kevalidan maka sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video TikTok pada materi Atletik lari jarak pendek 100 meter manusia mendapatkan kriteria sangat positif dengan persentase sebesar 92%. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video TikTok, Lari Jarak Pendek

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:04
Last Modified: 13 Aug 2024 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item View Item