ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TEKNIK CRI DI SMA NEGERI 5 BENGKULU TENGAH

Anggrain, Dwi Putri and I Nyoman, Chandra and Rina, Elvia (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TEKNIK CRI DI SMA NEGERI 5 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DWI PUTRI ANGGRAINI_A1F019008_SKRIPSI - Dwi Putri Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan mengetahui konsep materi miskonsepsi siswa kelas XI IPA pada konsep hidrolisis garam di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan sebanyak 24 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen tes diagnostik berbentuk soal esai dengan teknik Certainty of Response Index (CRI). Teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu uji validitas soal, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran soal dan uji daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan miskonsepsi siswa sebesar 28,14%. Adapun miskonsepsi tertinggi pada konsep menghitung massa garam yang terhidrolisis yaitu sebesar 58,4% dan miskonsepsi terendah pada konsep mengidentifikasi sifat larutan garam yang terhidrolisis yaitu sebesar 12,5% dan konsep menghitung pH garam dari asam lemah dan basa lemah yaitu sebesar 12,5%. Kata kunci: miskonsepsi, hidrolisis garam, certainty of response index (CRI)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:51
Last Modified: 13 Aug 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19913

Actions (login required)

View Item View Item