ANALISIS PENDAPATAN DAN PROFITABILITAS USAHA TERNAK AYAM RAS PETELUR JANTAN DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Darmawan, Yoga Saputra and Dadang, Suherman and Sutriyono, Sutriyono (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN PROFITABILITAS USAHA TERNAK AYAM RAS PETELUR JANTAN DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI _ARMAWAN YOGA SAPUTRA SPt.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ayam ras petelur jantan petelur merupakan produksi ikutan dari industri penetasan ayam petelur komersial. Karena yang menjadi tujuan utama dari penetasan ayam petelur komersial adalah yang betina. Ayam ras petelur jantan nantinya akan menjadi limbah hasil produksi dan umumnya dibuang, dibakar, dibunuh atau dimanfaatkan untuk tujuan tertentu dan tidak ada nilai ekonomisnya. Peluang masyarakat dalam memanfaatkan ayam ras petelur jantan sebagai penghasil daging memiliki banyak keuntungan diantaranya harga DOC yang relatife murah,harga jual yang masih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler dan rekayasa pakan yang dapat diusahakan serta rasa daging yang mirip seperti ayam kampung. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui besarnya pendapatan dan profitbilitas yang dicapai peternakan ayam ras petelur jantan di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini telah dilakukan selama selama 2 bulan terhitung bulan April sampai dengan Mei 2022. Variabel yang diamati karakteristik peternak, biaya produksi, total biaya produksi, penerimaan, pendapatan, profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan penerimaan total sebesar Rp 116.116.667/peternak/tahun kemudian dikurangkan dengan rataan total biaya sebesar Rp 87.765.844/peternak/tahun sehingga dalam satu tahun peternakan memperoleh rataan pendapatan sebesar Rp. 28.350.823 /peternak/tahun. Total rataan pendapatan tersebut kemudian dibagi dengan total rataan penjualan ayam 5000 ekor/tahun maka diperoleh pendapatan per ekor sebesar Rp 5.670/ekor. Tabel 4 yang merupakan hasil perhitungan, menunjukkan besarnya nilai rataan profitabilitas sebesar 32,30%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha ayam ras petelur jantan di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2022 diperoleh Pendapatan sebesar Rp 28.350.823 /peternak/tahun serta profitabilitas sebesar 32,30% .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:44
Last Modified: 13 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item View Item