Ismawarni, Rina Jesica and Elvinawati, Elvinawati and Wiwit, Wiwit (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS JIGSAW PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
RINA JESICA ISMAWARNI_A1F018037_SKRIPSI 2023 - Nurul Afifah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan LKPD Berbasis jigsaw yang bertujuan mengetahui kelayakan LKPD, respon peserta didik, dan aktivitas belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi sampai tahap implementasi (implementation) saja. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 27 peserta didik kelas XI MIPA 5, pemilihan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi media dan materi berturut sebesar 90% dan 81% dalam kategori sangat layak. Uji respon peserta didik pada ketiga aspek meliputi (1) aspek penyajian sebesar 92%, (2) aspek materi 88%, (3) aspek kebermanfaatan 89% dengan rata-rata persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Tingkat aktivitas belajar siswa dari kelima aspek diperoleh rata-rata sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD Berbasis jigsaw yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran, respon peserta didik terhadap LKPD sangat baik, dan aktivitas belajar siswa dikategorikan baik. Kata kunci: Bahan ajar, LKPD, Jigsaw, aktivitas belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 08:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 08:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19921 |
Actions (login required)
View Item |