ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA SISWA MTs NEGERI 02 MUKOMUKO

Rahmah, Rahmah and Teddy, Alfra Siagian and Della, Maulidiya (2023) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA SISWA MTs NEGERI 02 MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C019046_SKRIPSI - Rahmah Setia Wati 046.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Soal cerita merupakan soal pemecahan masalah yang dapat diselesaikan dengan langkah Polya. Aritmatika Sosial merupakan salah satu materi yang erat hubungannya dengan soal cerita, namun masih banyak siswa yang kesulitan menyelesaikan soal cerita Aritmatika Sosial. Oleh sebab itu, kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial perlu dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor-faktor penyebab yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 02 Mukomuko yang berjumlah 48 siswa. Analisis kesalahan siswa dilakukan berdasarkan langkah penyelesian Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di setiap tahap penyelesaian masalah 95,83% siswa melakukan kesalahan. Kesalahan di tahap memahami masalah yaitu salah menuliskan informasi dan simbol dilakukan oleh 57,29% siswa. Sebanyak 48,44% keliru dalam menuliskan rumus di tahap merencanakan penyelesaian. Di tahap melaksanakan rencana penyelesaian adalah kesalahan melakukan operasi hitung dilakukan oleh 69,27% siswa. Paling banyak siswa (71,35%) salah menuliskan kesimpulan dan menuliskan kesimpulan yang tidak sesuai di tahap memeriksa kembali. Faktor-faktor penyebab kesalahan ditahap memahami masalah adalah siswa belum terbiasa menuliskan informasi dari soal. Siswa salah di tahap merencanakan penyelesaian karena siswa tidak tahu rumus dan belum memahami materi. Penyebab kesalahan di tahap melaksanakan rencana penyelesaian adalah siswa belum menguasai operasi hitung. Di sisi lain, penyebab kesalahan di tahap memeriksa kembali adalah siswa mendapatkan hasil yang salah dari langkah sebelumnya. Hasil tersebut memperlihatkan guru hendaknya membiasakan siswa menuliskan informasi dari soal, memperbanyak latihan soal, memastikan ketuntasan operasi hitung matematika serta membiasakan siswa memeriksa jawaban akhir dengan apa yang ditanyakan dari soal. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Langkah Polya, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:50
Last Modified: 14 Aug 2024 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item