Enggraini, Annisa and Nurul, Astuty and Teddy, Alfra Siagian (2023) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Annisa Enggraini_A1C019058_cetak - 058 Annisa Enggraini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD model Problem Based Learning materi segiempat kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan, tes kemampuan komunikasi matematis, lembar respons peseta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD model Problem Based Learning materi segiempat yang dikembangkan termasuk dalam kategori: 1) Valid berdasarkan tiga aspek penilaian degan memperoleh kecenderungan sangat setuju kriteria sangat valid, 2) Kepraktisan LKPD menunjukkan kecenderungan sangat setuju kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian dari guru dan peserta didik, 3) Efektivitas LKPD berdasarkan diperoleh nilai N-Gain 67,42% yang berada pada kategori cukup efektif, uji t-paired test dengan nilai p-value 0,000<0,05 yang berarti LKPD berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, ketuntasan klasikal mencapai 81,25%, serta didukung dengan respons peserta didik dan pengamatan aktivitas peserta didik yang terkategori sangat efektif. Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19944 |
Actions (login required)
View Item |