PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KERAMAT RIAK BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 56 KOTA BENGKULU

Utami, Indah Putri and Abdul, Muktadir and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KERAMAT RIAK BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 56 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS Indah putri utami A2G021026_compressed - IndahPutriUtami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan, mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Keramat Riak Berbasis Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 56 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and development). Model penelitian dalam pengembangan bahan ajar adalah model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, angket analisis kebutuhan, soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan Bahasa Indonesia kelas IV. Hasil validasi ahli 0,95 dari validasi ahli materi, 0,93 dari validasi desain, serta 0,94 dari validasi ahli bahasa. Respon pengguna sangat baik karena hasil analisis angket guru kelas IV menunjukkan persentase 90,8% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk respon dari peserta didik memperoleh presentase 93,8% dengan kriteria sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbasis audiovisual memperoleh nilai 80 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 70,56 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: Bahan Ajar Cerita Rakyat, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item