BOOK-TAX DIFFERENCES, KUALITAS LABA, KUALITAS AUDIT: PENGARUH HUBUNGAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Tri Purnama, Ratih and Eddy, Suranta and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2021) BOOK-TAX DIFFERENCES, KUALITAS LABA, KUALITAS AUDIT: PENGARUH HUBUNGAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RATIH TRI PURNAMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antara abnormal book-tax differences dan kualitas audit melalui mediasi kualitas laba. Kualitas audit diukur dengan menggunakan proksi KAP yang berafiliasi dengan BIG 4 dan kualitas laba diukur dengan menggunakan proksi konservatisme akuntansi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 109 perusahaan dengan 327 observasi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi logistik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abnormal book-tax differences terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas audit yang diukur dengan menggunakan proksi KAP yang berafiliasi dengan BIG 4, abnormal book-tax differences tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, kualitas laba tidak berpengaruh terhadap kualitas audit yang diukur dengan menggunakan proksi KAP yang berafiliasi dengan BIG 4, serta kualitas laba tidak dapat memediasi hubungan antara abnormal book-tax differences dan kualitas audit yang diukur dengan menggunakan proksi KAP yang berafiliasi dengan BIG 4. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hanya terdapat hubungan langsung antara abnormal book-tax differences terhadap kualitas audit dan tidak adanya hubungan tidak langsung antara abnormal book-tax differences terhadap kualitas audit yang dimediasi oleh kualitas laba. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori agensi yang didalamnya terdapat konflik keagenan yang dapat menyebabkan terjadinya manajemen laba yang menimbulkan adanya book-tax differences sehingga dibutuhkan biaya monitoring untuk meminimalisir biaya agensi yaitu bantuan pihak terpercaya atau auditor independen. Bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dapat menjadi referensi dan acuan dalam mengetahui kualitas audit atas laporan keuangan perusahaan yang memiliki abnormal book-tax differences dan menilai kinerja perusahaan untuk mengambil keputusan secara ekonomi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah masih terdapat adanya kesalahan tipe I dan II dalam mengklasifikasikan variabel dependen, terdapat uji asumsi klasik yang membutuhkan perbaikan, informasi yang diperoleh untuk referensi mengenai hubungan tidak langsung antara abnormal-book-tax differences dan kualitas audit masih sedikit, dan hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang tidak konsisten dengan penelitian yang dimodifikasi yaitu tidak terdapat adanya pengaruh mediasi dari kualitas laba dalam menjelaskan hubungan antara abnormal book-tax differences dan kualitas audit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:02
Last Modified: 14 Aug 2024 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item