PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN VARIABEL MODERASI BUDAYA ORGANISASI (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Bengkulu)

Permata Sari, Wulan and Abdullah, Abdullah and Lismawati, Lismawati (2021) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN VARIABEL MODERASI BUDAYA ORGANISASI (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WULAN PERMATA SARI_C1C017121_TANPA LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran dengan variabel moderasi budaya organisasi. Penelitian ini diuji menggunakan analisis Struktural Equation Modeling (SEM) dengan program Smart PLS. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bengkulu dengan jumlah sampel sebanyak 43 sampel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan kejelasan sasaran anggaran serta budaya organiasi memberikan pengaruh positif terhadap senjangan anggaran, namun untuk budaya organisasi belum bisa memperkuat hubungan partisipasi anggaran dan asimetri terhadap senjangan anggaran. Implikasi penelitian Bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bengkulu dan penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat berkaitan dengan senjangan anggaran. Keterbatasan penelitian ini yaitu penelitian ini hanya mengandalkan data berdasarkan jawaban responden atas pertanyaan pada kuesioner, hal ini memungkinkan terjadinya kekeliruan dan memberikan dampak pada hasil penelitian yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:28
Last Modified: 14 Aug 2024 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19996

Actions (login required)

View Item View Item