Mayang Sari, Yolanda and Rina, Suthia Hayu and Muhartini, Salim (2021) PENGARUH TRUSTWORTHINESS, ATTRACTIVENESS, EXPERTISE DAN POPULARITY CELEBRITY ENDORSEMENT SUHAY SALIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE KOREA SOME BY MI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI FIX - YOLANDA MAYANG SARI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Perusahaan harus memiliki strategi promosi untuk produk yang mereka tawarkan supaya suatu bisnis dapat bertahan dalam pangsa pasar yang kompetitif. Salah satu strategi komunikasi yang umum digunakan perusahaan untuk mendorong dan menanamkan dampak positif dari suatu produk ataupun jasa di benak pelanggan adalah dengan meminta dukungan dari para selebriti. Beberapa tahun terakhir, industri kecantikan (skincare) di Indonesia diserbu oleh produk dari Korea Selatan. Hal ini terjadi karena pengaruh dari budaya K-Pop yang belakangan ini semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, sehingga produk-produk skincare yang seringkali diiklankan oleh aktor/aktris korea banyak dicari dan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan serta situs belanja online di Indonesia. Suhay Salim merupakan salah satu selebriti endorsemen cukup terkenal di Indonesia. Melalui review yang diberikan oleh Suhay Salim, konsumen lebih mudah untuk mencari referensi dalam pemilihan skincare yang cocok sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk perawatan kulit wajah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel trustworthiness, attractivness, expertise, dan popularity Selebriti endorsemen Suhay Salim terhadap individu yang menggunakan dan membeli produk skincare Korea some by mi di Indonesia. Keputusan pembelian merupakan suatu proses penilaian dan pemilihan dari berbagai alternatif sesuai dengan kepentingan – kepentingan tertentu tertentu dengan menetapkan suatu pilihan yang dianggap paling menguntungkan (Amirullah, 2002). Trustworthiness mengacu pada sejauh mana audiens memandang bahwa selebriti mampu menyampaikan rasa integritas, kejujuran, dan kepercayaan melalui media iklan (Tripp & Jensen, 2004). Attractiveness para selebriti endorser dapat dikategorikan sebagai bobot, tinggi dan kecantikan wajah yang sering dinilai oleh publik (Albert et al., 2017). Expertise merupakan atribut berbasis kognisi, dan mengacu pada keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh endorser (Eisend & Langner, 2010). Popularity merupakan seberapa jauh seorang selebriti dikenal di khalayak umum (Miller & Allen, 2012). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini ada 4 hipotesis yang di uji, pertama menguji pengaruh trustworthiness terhadap keputusan pembelian, kedua menguji pengaruh attractiveness terhadap keputusan pembelian, ketiga menguji expertise terhadap keputusan pembelian dan keempat menguji pengaruh popularity terhadap keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk skincare Korea some by mi dan pernah melihat Suhay Salim melakukan review produk skincare Korea some by mi di akun youtube dan instagram. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 250 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0. for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin meningkat tingkat kepercayaan seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. 2) Attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkat trustworthiness seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. 3) Expertise berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkat expertise seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. 4) Popularity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin meningkat popularitas seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini menunjukkan bahwa trustworthiness, attractiveness, expertise, dan popularity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi para pemasar produk skincare Korea some by mi di Indonesia harus mempertimbangkan mengenai pentingnya tingkat kepercayaan (trustworthiness), daya tarik fisik, keahlian, dan popularitas selebriti endorser Suhay Salim, serta bagaimana menerapkannya secara efektif dalam sistem periklanan dan promosi jika ingin merebut pasar kaum muda.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 10:01 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 10:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20002 |
Actions (login required)
View Item |