ANTESEDEN PROPENSITY TO SHARE (eWOM) (Studi Empiris pada Wisatawan Muda di Indonesia)

Evelyn, Denty and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2021) ANTESEDEN PROPENSITY TO SHARE (eWOM) (Studi Empiris pada Wisatawan Muda di Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi denty fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Electronic Word Of Mouth atau kecenderungan untuk berbagi melalui media sosial menjadi salah satu cara penyampaian pesan atau informasi masa kini. Promosi melalui media sosial merupakan cara yang mudah dan cepat untuk menarik wisatawan secara luas. Salah satunya dengan berbagi informasi terkait desa wisata di Indonesia yang akan mempermudah wisatawan mengetahui dengan pasti suatu desa wisata yang ada di Indonesia. Informasi yang dibagikan akan membantu calon wisatawan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan tujuan desa wisata mana yang mereka butuhkan. Hal ini juga penting bagi perusahaan pariwisata dan daerah-daerah wisata agar dapat memahami apa yang dibutuhkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi suatu desa wisata, sehingga wisatawan memilih desa wisata yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah travel experience berpengaruh terhadap propensity to share, (2) apakah reflected appraisal of self berpengaruh terhadap propensity to share, (3) apakah self image congruity berpengaruh terhadap propensity to share, (4) apakah need for uniqueness berpengaruh terhadap propensity to share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muda yang ada di Indonesia yang pernah mengunjungi desa wisata di Indonesia dan pernah mencari serta membagikan informasi terkait desa wisata tersebut ke media sosial. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 210 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi 21.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) travel experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat travel experience wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada desa wisata di Indonesia. (2) reflected appraisal of self berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat reflected appraisal of self wisatawan xii muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada desa wisata di Indonesia. (3) self image congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat self image congruity wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada desa wisata di Indonesia. (4) need for uniqueness berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat need for uniqueness wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada desa wisata di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang propensity to share, dan menyarankan kepada perusahaan pariwisata serta daerah-daerah yang terdapat desa wisata untuk lebih memperhatikan travel experience, reflected appraisal of self, self image congruity, need for uniqueness agar mampu menarik wisatawan lebih banyak dan lebih luas untuk mengunjungi desa wisata yang ditawarkan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mendalam mengenai kecenderungan untuk berbagi ke media sosial terkait destinasi wisata populer yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 10:20
Last Modified: 14 Aug 2024 10:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item