ANALISIS PEMASARAN USAHA TERNAK AYAM RAS PETELUR JANTAN DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Doni, Amirrudin and Dadang, Suherman and Sutriyono, Sutriyono (2022) ANALISIS PEMASARAN USAHA TERNAK AYAM RAS PETELUR JANTAN DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Doni Amirrudin_E1C017147.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ayam ras petelur jantan merupakan salah satu ternak hasil sampingan dari produksi pembibitan dan penetasan ayam ras petelur. Ayam ras petelur jantan ini dianggap mempunyai kemampuan untuk menghasilkan daging dan dapat bersaing dalam memenuhi kebutuhan daging nasional. Selama ini ayam ras petelur jantan tidak diperhatikan akan potensinya. Selama ini ayam ras petelur hanya memfokuskan pada pemeliharaan ayam layer betina dan ayam jantan petelur nantinya akan menjadi limbah hasil produksi dan umumnya dibuang. Dengan hal tersebut perlu melihat bagaimana peternak memasarkannya dan seperti apa bentuk dari saluran pemasaran serta apakah saluran pemasarannya efisien. Penelitian telah dilaksanakan selama 2 bulan ( Mei-April ) 2022 di Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran ayam ras petelur jantan di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, sampel dipilih secara purposive atau ditentukan dengan sengaja yaitu pada peternak ayam ras petelur jantan, dan diperoleh 3 peternak. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mengisi daftar koesioner dan observasi ke peternakan, meliputi : Karakteristik peternak, penentuan harga, biaya pemasaran dan saluran pemasaran. Hasil penelitian dihitung secara deskriptif meliputi identitas responden, analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, share harga dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ayam ras petelur jantan ditemukan 2 bentuk saluran pemasaran yaitu saluran I: peternak → pengumpul → konsumen dengan efisiensi pemasaran 4,35%, dengan share harga 82% dan margin pemasaran sebesar Rp.9.340.000 serta saluran II yaitu peternak → pengumpul → pengecer → konsumen dengan efisiensi pemasaran keduanya sebesar 3,00%, memiliki share harga dari pengumpul 88% dengan margin pemasaran yaitu Rp.1.265.000 dan pengecer 77% dengan margin pemasaran Rp.1.858.000. Pemasaran ayam ras petelur jantan di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara terhadap saluran pemasaran yang memiliki efisiensi pemasaran yang paling efisien yaitu pada saluran pemasaran II dengan efisiensi pemasaran sebesar 3,00%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:21
Last Modified: 15 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item