PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN BELALANG DI AREA PERSAWAHAN DESA MUARA SAHUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA

Astina, Shella and Sri, Irawati and Yennita, Yennita (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN BELALANG DI AREA PERSAWAHAN DESA MUARA SAHUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - shella astina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet berdasarkan keanekaragaman belalang di area persawahan Desa Muara Sahung untuk materi keanekaragaman hayati SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model ADDIE dengan tahapan yang dilakukan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen penelitian ini adalah angket validasi, lembar wawancara, lembar uji keterbacaan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di 3 lokasi persawahan, lokasi I sawah dekat pemukiman, lokasi II sawah dekat perkebunan dan lokasi III sawah dekat perairan. Uji kelayakan booklet dilakukan oleh tiga orang validator ahli yaitu ahli materi, media dan praktisi. Uji keterbacaan dilakukan kepada siswa SMA Negeri 8 Kaur sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman jenis belalang yang berhasil ditemukan sebanyak 3 famili dan 12 spesies. Kelayakan booklet yang dikembangkan mendapat kategori sangat valid dengan presentase validasi ahli materi 97,91%, ahli media 94,31% dan ahli praktisi 98,86%. Presentase uji keterbacaan siswa terhadap booklet mendapat kriteria sangat layak yaitu 89,71% dengan keterangan booklet tersebut mudah dibaca dan dapat digunakan secara mandiri. Simpulan hasil pengembangan booklet berdasarkan keanekaragaman belalang di area persawahan Desa Muara Sahung sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X sangat layak digunakan. Kata Kunci: Booklet, Belalang, Keanekaragaman Hayati, Keterbacaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:05
Last Modified: 15 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item