STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT SUKU JAWA DESA SRIKATON BENGKULU TENGAH SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X

Permatasa, Cesalia and Sri, Irawati and Kasrina, Kasrina (2023) STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT SUKU JAWA DESA SRIKATON BENGKULU TENGAH SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CESALIA PERMATASARI_UNIB - Cesalia Permatasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat oleh masyarakat Suku Jawa desa Srikaton dan hasil kelayakan serta uji keterbacaan E-Modul materi keanekaragaman hayati kelas X SMA berdasarkan keragaman tumbuhan yang digunakan sebagai obat oleh Suku Jawa desa Srikaton Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall (1989) yang terbatas sampai tahap ke- 5. Subjek penelitian adalah Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIB, Guru Biologi dan peserta didik kelas X IPA SMAN 9 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi pustaka dengan intrumen penelitian berupa lembar wawancara dan lembar angket. Hasil identifikasi data tumbuhan yaitu terdapat 52 jenis tumbuhan, 30 famili dan organ tumbuhan daun yang dominan digunakan sebagai obat oleh Suku Jawa desa Srikaton. Hasil analisis kelayakan E-Modul oleh validator memperoleh presentase validator ahli materi 85,5% , ahli bahan ajar 97,7% dan ahli praktisi pendidikan 97,8% . Hasil uji keterbacaan peserta didik diperoleh skor sebesar 85,3 % dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: E-Modul, tumbuhan obat, suku Jawa desa Srikaton.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:06
Last Modified: 15 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20064

Actions (login required)

View Item View Item