PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI FUNGI KELAS X SMA BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) EKS TAMAN REMAJA KOTA BENGKULU

Sari, Novita and Abas, Abas and Yennita, Yennita (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI FUNGI KELAS X SMA BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) EKS TAMAN REMAJA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA SARI_A1D019017_UNIB(1) - novita sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman jamur makroskopis, untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan peserta didik terhadap booklet berdasarkan keanekaragaman jamur makroskopis di kawasan RTH eks taman remaja Kota Bengkulu sebagai media pembelajaran materi fungi kelas X IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Adapun tempat penelitian yaitu di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) eks taman remaja Kota Bengkulu dan uji keterbacaan dilakukan di kelas X IPA 3 SMAN 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Tahapan penelitian pengembangan meliputi 1) tahap analisis, 2) perancangan dan 3) pengembangan. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif berdasarkan data hasil validasi dan uji keterbacaan peserta didik. Hasil uji kelayakan booklet dilakukan oleh tiga validator yaitu validator media, materi dan praktisi. Uji keterbacaan dilakukan kepada 20 peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Kelayakan booklet yang dikembangkan sebagai media belajar mendapat kategori sangat layak dengan persentase validasi ahli materi 89,28%, ahli media 91,66% dan ahli praktisi 92,85%. Hasil uji keterbacaan peserta didik terhadap booklet mendapat kriteria sangat baik dengan rata-rata 95,4% sehingga booklet yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Booklet, Jamur Makroskopis, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:28
Last Modified: 15 Aug 2024 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20068

Actions (login required)

View Item View Item