PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DALAM PEMBUATAN NATA DE CORN KELAS XII SMA/MA

Apdinari, Ellisya and Dewi, Jumiarni and Abas, Abas (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DALAM PEMBUATAN NATA DE CORN KELAS XII SMA/MA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Ellisya Apdinari_A1D019057 - Ellisya Apdinari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi berbasis Project Based Learning pada materi Bioteknologi dalam pembuatan Nata de corn Kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Difine, Design, Develop, & Disseminate). Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ke 3. Subjek penelitian ini yaitu validator ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan 10 orang peserta didik SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Pengembangan LKPD termasuk kedalam LKPD praktikum materi bioteknologi dalam pembuatan Nata de corn. Nata de corn merupakan produk bioteknologi yang terbuat dari rebusan air jagung dengan bantuan Acetobacter xylinum. Hasil pembuatan Nata de corn dirancang menggunkan LKPD dengan model PjBL dimana pada model ini melibatkan peserta didik dalam kerja proyek. Sehingga hasil dari pengembangan LKPD berbasis PjBL telah dinyatakan layak di uji cobakan kepeserta didik oleh ahli (validator) karena memberikan hasil persentase skor 97,5% dari ahli materi, 100% dari ahli media dan 100% dari ahli praktisi dengan kategori sangat layak serta tingkat keterbacaan peserta didik terhadap LKPD berbasis PjBL memperoleh persentase skor sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL pada materi bioteknologi dalam pembuatan Nata de corn Kelas XII SMA/MA sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Kata kunci: Bioteknologi, Lembar Kerja Peserta Didik, Nata de corn, Project Based Learning (PjBL)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:27
Last Modified: 15 Aug 2024 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item