Kurniawan, Kiemas and Willy, Abdillah and Trisna, Murni (2021) ANALISIS BUDAYA ORGANISASI, KOMUNIKASI DAN KINERJA ORGANISASI PADA DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
TESIS WAWAN.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Suatu budaya organisasi yang kuat dan telah berakar akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi anggota organisasi dalam hal pemahaman yang jelas dan lugas tentang suatu persoalan yang diselesaikan. Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2007 tentang organisasi dan tata kerja Dinas Daerah Provinsi Bengkulu. Sistem kinerja organisasi belum maksimal dengan banyaknya program�program di Dispora yang tidak berjalan dengan baik dan kurang memuaskan di semua kalangan itu dicontohkan dengan belum terwujudnya semua program yang direncanakan oleh Dispora Provinsi Bengkulu dan penerapan budaya organisasi yang belum memadai dengan belum tercapainya secara menyeluruh tujuan instansi pemerintahan tersebut dan masih terdapatnya permasalahan-permasalahan seperti adanya kesenjangan hubungan kerja antar sesama pegawai menjadi permasalahan yang harus segera diperbaiki sehingga para pegawai dapat memperoleh kenyamanan dalam bekerja sehingga program kinerja instansi dapat berhasil secara baik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis budaya organisasi, komunikasi dan kinerja organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu. Budaya organisasi berhubungan erat dengan cara pegawai mepersepsikan karakteristik dari suatu budaya organisasi, sehingga mereka menyukai budaya atau tidak. Robbins (2012) budaya organisasi merupakan sistem makna bersama yang diyakini oleh para karyawan yang membedakan suatu instansi dengan instansi lainnya. Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat melakukan interaksi secara langsung antar indivu yang satu ke indivudu lainnya. Dengan terwujudnya sebuah komunikasi sehingga suasana kerja dapat berlangsung secara nyaman, pendelegasian tugas juga dapat berlangsung secara baik, hubungan antara individu dapat juga terjalin dengan baik. Komunikasi adalah proses penyampaian dan pemahaman makna (Robbins, 2012). Bentuk pertanggungjawaban kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mengacu pada revisi rencana strategis 2016 sampai 2019 dan merupakan penguatan sasaran strategis, indikator kinerja utama (IKU) serta target kinerja dari tahun-tahun sebelumnya. Capaian indikator kinerja utama ialah sinergitas lintas sektor pada kementerian atau lembaga yang lain pada pemerintah daerah dapat dibutuhkan kordinasi pada pelaksanaan dan pengumpulan data Penelitian ini menggunakan sampel seluruh pegawai negeri sipil pada Dispora Provinsi Bengkulu yang berjumlah 75 orang pegawai terdiri dari 25 jabatan struktural, 48 staf fungsional umum dan 2 fungsional perencana pertama dan kepegawaian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa budaya organisasi Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Bengkulu Dimensi Inovasi dan Pengambilan Resiko mendapatkan penilaian rata-rata pada kriteria baik dengan nilai 3,69. budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi ke hal yang rinci sebesar 3,89 dalam kriteria baik. Budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi orientasi hasil sebesar 3,84 (Baik). Budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi orientasi orang dengan nilai 3,88 (Baik). Budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi orientasi tim sebesar 4,08 (Baik). Budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi agresifitas dengan nilai rata-sebesar 3,88 (Baik). Budaya organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi stabilitas dengan nilai rata�sebesar 3,98 (Baik). Komunikasi pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu sudah baik ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 3,90. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan pegawai tentang komunikasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi kejelasan (Clarity) sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,94. Komunikasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi ketepatan (accuracy) sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,79. Komunikasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi konteks (contex) sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,75. Komunikasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi alur (Flow) sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,91. Komunikasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi budaya adalah sebesar 3,20 (Cukup Baik). Kinerja organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,96 (Baik). Kinerja organisasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi persentase pemuda yang berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan dengan nilai rata-rata 3,93 (Baik). Kinerja organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi persentase pendidikan olahragawan berbakat dengan nilai rata-rata 3,93 (Baik). Kinerja organisasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu dimensi jumlah atlet berprestasi (tingkat nasional sebesar 4,10 (Baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas, Sebaiknya Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Bengkulu untuk lebih berani menerima resiko pekerjaan karena untuk pencapaian tujuan organisasi tidak bisa berjalan secara lancar. Diharapkan Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Bengkulu untuk lebih meningkatkan lagi pencapaian prestasi pemuda baik dalam prestasi olahraga maupun dalam pembinaan pemuda untuk pembangunan Para pegawai Dinas Pemuda dan ix Olahraga provinsi Bengkulu untuk memberikan informasi secara jelas agar tidak menimbulkan keraguan bagi yang menerima komunikasi dan komunikasi yang terjadi harus sesuai dengan tema pembicaraan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:15 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20083 |
Actions (login required)
View Item |