PENGARUH MANAJEMEN ASN DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA ORGANISASI PEMERNTAH DAERAH PADA KABUPATEN PEMEKARAN DI PROVINSI BENGKULU

Winda Tiara Rizki, Kiemas and Slamet, Widodo and Praningrum, Praningrum (2021) PENGARUH MANAJEMEN ASN DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA ORGANISASI PEMERNTAH DAERAH PADA KABUPATEN PEMEKARAN DI PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Winda Tiara Rizki Lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Manajemen dan penilaian kinerja merupakan alat evaluasi pencapaian target dan tujuan yang harus dicapai oleh seluruh pegawai maupun satuan kerja yang disusun berdasarkan visi, misi dan tujuan jangka panjang organisasi. Penilaian kinerja masing-masing individu pegawai yang dilaksanakan secara objektif, berjenjang, periodik dan transparan. Organisasi senantiasa berupaya meningkatkan kesejahteraan pegawai berdasarkan pencapaian kinerja secara adil dan objektif. Maka organisasi perlu mengidentifikasi dan menyediakan umpan balik yang bisa membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang akan berdampak pada efektivitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) merupakan cita-cita bersama rakyat Indonesia sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Manajemen ASN dan good governance terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah pada Kabupaten Pemekaran di Provinsi Bengkulu. Data yang dipakai adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pegawai di Kabupaten Pemekaran. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 319 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen ASN memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten pemekaran. Artinya, jika pelaksanaan manajemen ASN semakin baik, maka kinerja OPD juga akan semakin baik; (2) good governance memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten pemekaran. Artinya, jika pelaksanaan good governance semakin baik, maka kinerja OPD juga akan semakin baik; dan (3) Manajemen ASN dan good governance secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten pemekaran. Artinya, jika pelaksanaan manajemen ASN dan goof governance semakin baik, maka kinerja OPD juga akan semakin baik. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan, maka saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Bagi Pemerintah Kabupaten Pemekaran agar meningkatkan partisipasi, akuntabilitas dan akuntabilitas dalam perencanaan dan pengelolaan manajemen ASN serta penganggaran OPD, sehingga program-program kegiatan dan anggaran yang diperlukan dapat dipertanggungjawabkan secara memadai; (2) Sistem pengendalian intern pemerintah perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk mengevaluasi tiap tahapan perencanaan pengelolaan ASN dan penganggaran OPD, sehingga proses perencanaan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan (3) Mempertahankan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja penganggaran yang telah berjalan selama ini. Efektivitas dan efisiensi ini akan mengarahkan penggunaan dan pengelolaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang matang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:15
Last Modified: 16 Aug 2024 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item View Item