PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI FLUIDA STATIS SISWA SMA

Kurnia, Wendi and Iwan, Setiawan and Rosane, Medriati (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI FLUIDA STATIS SISWA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Wendi Kurnia (A1E017033) prodi pendidikan fisika - Wendi Kurnia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis scaffolding untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahap 3-D yang terdiri dari define, design, dan develop. Berdasarkan hasil uji validitas pada aspek kelayakan isi didapatkan persentase sebesar 83,2 % yang dikategorikan layak. Pada aspek penggunaan bahasa didapatkan persentase sebesar 88% yang dikategorikan sangat layak. Pada aspek penyajian didapatkan persentase sebesar 88 % yang dikategorikan sangat layak dan pada aspek kegrafisan didapatkan persentase 94,2 % yang dikategorikan sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis scaffolding untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis siswa SMA dengan persentase rata-rata yaitu 88,3 % yang dikategorikan sangat layak dan hasil persepsi peserta didik berada dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88,4 %. Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, LKPD, Scaffolding, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:31
Last Modified: 16 Aug 2024 02:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20087

Actions (login required)

View Item View Item