PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA DINAMIS PADA SISWA

Juliarti, Endasyari and Rosane, Medriati and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA DINAMIS PADA SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ENDASYARI JULIARTI - Enda Syari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital yaitu e-modul dengan menggunakan aplikasi canva pada pokok bahasan fluida dinamis. Untuk melihat respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar digital berbasis canva pada pokok bahasan fluida dinamis. Penelitian ini dijalankan menggunakan metode Research & Development. Tahap validitas desaian melibatkan 3 orang subjek (dua orang judgement ahli dan satu orang praktisi) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, desaian e-modul, kelayakan bahasa indonesia dan kelayakan media yang baik dan benar. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba melibatkan 102 orang siswa dari tiga sekolah yaitu SMAN 4 Kota Bengkulu, SMAN 5 Kota Bengkulu, SMAN 9 Kota Bengkulu. Penilaian kemenarikan e- modul menggunakan analisis deskriptif berbantuan microsoft office excel 2007. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan oleh ketiga ahli dengan persentase rata-rata pada aspek isi 92,70%, pada aspek penyajian 91,67%, pada aspek 98,33, pada aspek media 97,91%. Respon peserta didik dengan persentase rata-rata SMAN 4 Kota Bengkulu 82,22% berada pada kategori sangat baik, SMAN 5 Kota Bengkulu dengan persentase rata-rata 85,01% berada pada kategori sangat baik, SMAN 7 Kota Bengkulu dengan persentase rata-rata 89,65% berada pada kategori sangat baik. Ini menunjukan bahwa e-modul dengan menggunakan aplkikasi canva yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran fluida dinamis Kata Kunci: E-modul, Canva, Fluida dinamis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:32
Last Modified: 16 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item View Item