PENGEMBANGAN LKPD GELOMBANG CAHAYA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Azizah, Tika Nur and Rosane, Medriati and Dedy, Hamdani (2023) PENGEMBANGAN LKPD GELOMBANG CAHAYA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Tika Nur Azizah_compressed (1) - Tika Nur Azizah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan persepsi peserta didik terhadap LKPD gelombang cahaya dengan scientific approach berbantuan simulasi PhET untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model 3D dengan langkah-langkah define,, design, dan develop. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non tes yang menggunakan data observasi, dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6, 8, dan 9 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan scientific approach berbantuan simulasi PhET untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan rata-rata persentase 91% sehingga layak diujicobakan serta mendapatkan persepsi sangat baik dari peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 79,97%. Kata Kunci: LKPD, Scientific Approach, Simulasi PhET, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:32
Last Modified: 16 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20091

Actions (login required)

View Item View Item