Kusuma, Heru Pradana and Febrian, Solikhin and Salastri, Rohiat (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi_Heru Pradana Kusuma (A1F018030) - Heru Pradana Kusuma.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, dan respon peserta didik. Pengembangan e-modul menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi hanya sampai tahap development yaitu pada tahap uji respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April 2023 di Universitas Bengkulu dan SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Subjek pada penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas XI MIPA 5 untuk uji respon. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan analisis uji validitas, dan analisis uji respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul berbasis discovery learning pada materi kesetimbangan kimia memiliki kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata 91,6% untuk aspek materi dan 97,2% untuk aspek media, (2) Hasil respon peserta didik terhadap e-modul berbasis discovery learning pada materi kesetimbangan kimia memperoleh persentase rata-rata yaitu sebesar 86,5% yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Kata Kunci: e-modul, pengembangan, discovery learning, kesetimbangan kimia
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20093 |
Actions (login required)
View Item |