PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Agustina, Willya and Rina, Elvia and Sura, Menda Ginting (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WILLYA AGUSTINA_A1F018014_SKRIPSI untuk BEBAS PUSTAKA UNIB - Willya Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning cycle 5E pada materi termokimia yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, respon peserta didik, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kota Bengkulu dari bulan Agustus 2022 sampai Januari 2023. Subjek penelitian adalah 12 orang siswa kelas XI MIPA 6 untuk uji coba skala kecil dan 27 orang siswa kelas XI MIPA 5 untuk uji coba skala besar. Pada penelitian ini, dilakukan 3 jenis uji coba yaitu: 1) uji coba ahli untuk mengetahui tingkat kelayakan produk; 2) uji coba skala kecil untuk mengetahui respon peserta didik; 3) uji coba skala besar untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui soal tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tingkat kelayakan produk LKPD sebesar 85,67%, dalam kategori sangat layak; 2) Berdasarkan hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase respon peserta didik sebesar 89,9% dengan kategori sangat menarik; 3) Berdasarkan rata-rata hasil pretest dan posttest diperoleh N-Gain nilai N-gain massing-masing indikator berpikir kritis yaitu: interpretasi sebesar 0,62 dalam kategori sedang, analisis sebesar 0,67 dalam kategori sedang, evaluasi sebesar 0,81 dalam kategori tinggi, inferensi sebesar 0,54 dalam kategori sedang, eksplanasi sebesar 0,74 dalam kategori tinggi, dan regulasi sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan terbukti layak digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena skor N-gain yang diperoleh pada masing-masing indikator ≥ 0,3 yaitu sebesar 0,66 dalam kategori sedang. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Learning cycle 5E, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:37
Last Modified: 16 Aug 2024 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item