PENERAPAN TATA KELOLA OLEH KOMISI PENINGKATAN KOMPETENSI ASESOR (KPKA) BAN PAUD DAN PNF PROVINSI BENGKULU TAHUN 2022

Elvionita, Jenny and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2023) PENERAPAN TATA KELOLA OLEH KOMISI PENINGKATAN KOMPETENSI ASESOR (KPKA) BAN PAUD DAN PNF PROVINSI BENGKULU TAHUN 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
JENNY ELVIONITA_PNF - jenny elvionita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Tata Kelola Oleh Komisi Peningkatan Kompetensi Asesor (KPKA) BAN PAUD PNF Provinsi Bengkulu Tahun 2022. Latar belakang penelitian ini adalah membahas sejauh mana Komisi Peningkatan Kompetensi Asesor (KPKA) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan panduan dimana akan menghasilkan asesor yang profesional, berkarya secara obyektif dan hasil akreditasi terhadap lembaga PAUD dan PNF juga objektif sesuai dengan fakta lapangan. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian tiga orang, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, data analisis menggunakan teknik validasi yaitu triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Penerapan tugas komisi KPKA dalam memetakan asesor diaplikasi SISPENA berdasarkan landasan profesionalisme. Pemetan dan jumlah binaan asesor. Penerapan tugas Anggota komisi KPKA melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Asesor (PKA) yaitu sebelum pelaksanakan kegiatan Pembekalan Asesor Akreditasi (PAA), dalam kegiatan PKA ada 3 tahapan yaitu (Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA), visitasi dan validasi, untuk kegiatan tersebut pelaksanaan dilakukan melalui zoom, PAA tahap visitasi itu dilakukan sebelum kegiatan visitasi yaitu sekitar bulan juni sedangkan untuk PAA validasi dilakukan sebelum asesor melakukan validasi dan verifikasi, untuk Agustus pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi asesor dapat dijadwalkan setelah pelaksanaan kegiatan komisi KPKA melaksanakan RPA untuk membahas kendala yang terjadi saat peningkatan kompetensi asesor (PAA). Penerapan tugas anggota komisi KPKA dalam melakukan penilaian kinerja asesor yaitu dengan cara melihat semua data jumlah tentang lembaga binaan asesor yang di damping oleh asesor, apabila lembaga binaan asesor memiliki skor minimal 700 di aplikasi SISPENA maka dapat dikatakan asesor tersebut sudah menunjukan kinerja baik dalam menunjukan pembinaan. Kata Kunci : Penerapan, Komptensi Asesor, Akreditasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:25
Last Modified: 16 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item