PENGELOLAAN PROGRAM TAHSIN PADA RUMAH AL-QUR’AN AT-TARTIL KOTA BENGKULU

Darmawan, Rinto Ade and Citra, Dwi Palenti and Ririn, Gusti (2023) PENGELOLAAN PROGRAM TAHSIN PADA RUMAH AL-QUR’AN AT-TARTIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RINTO ADE DARMAWAN_PNF_2018 - Rinto GALERY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, penggerakkan serta evaluasi program tahsin pada Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggunaan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validasi data peneliti menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek serta triangulasi teknik. Informan atau partisipan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang, dengan permasalahan penelitian yang meliputi: perencanaan, penggerakan dan evaluasi program tahsin pada Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) bahwa perencanaan pembelajaran program tahsin di Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu program dirancang dengan sistematis dan juga menjalani proses-proses untuk menentukan program dan kegiatan yang akan di laksanakan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dimulai dari mengadakan rapat dengan seluruh dewan guru cluster, BPH hingga Team leader, pemberian arahan tentang materi tahsin, melakukan pelatihan membaca al-qur’an dan memurojaah, pemberian pemahaman tentang materi program tahsin al-qur’an hingga dilaksanakannya proses pembelajaran program tahsin tersebut yang juga dimulai dilakukannya pembagian cluster atau kelas yang di sesuaikan dengan tingkatan-tingkatan masing-masing cluster atau kelas dari mulai kelas anak hingga kelas dewasa yang dikelompokkan berdasarkan uji bacaan al-qur’an sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik hingga pembuatan jadwal untuk masing-masing kelas tahsin yang sudah dibagikan atau dikelompokkan. (2) bahwa penggerakkan atau motivasi dalam pengelolaan program tahsin di Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu dimulai dengan tujuan untuk membuat suatu program pembelajaran al-qur’an yang dapat bermanfaat dengan baik bagi para peserta didik, sehingga mendorong terlaksananya program pembelajaran tahsin untuk menjadi suatu bagian program pembelajaran yang bermanfaat. (3) proses penilaian atau evaluasi di Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu dilakukan dengan tujuan mengetahui capaian-capaian hasil belajar ataupun melakukan perbaikan-perbaikan dari proses pembelajaran yang telah terlaksana agar di waktu yang akan datang program pembelajaran tahsin dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. Kata Kunci : Perencanaan, Pembelajaran, Tahsin

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:25
Last Modified: 16 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20113

Actions (login required)

View Item View Item