Sarrah, Huslaini and Neza, Agusdianita and Irfan, Supriatna (2023) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT BUBUNGAN LIMO KOTA BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Huslaini Sarrah_PGSD_A1G019003_SKRIPSI Full - Huslaini Sarrah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah dan filosofi dari etnomatematika Rumah Adat Bubungan Lima Kota Bengkulu, mendeskripsikan aspek matematis yang terdapat pada etnomatematika Rumah Adat Bubungan Lima Kota Bengkulu, mendeskripsikan materi geometri pada Rumah Adat Bubungan Lima Kota Bengkulu sebagai sumber belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Subjek penelitian yaitu Kasi Koleksi Museum Kota Bengkulu, Pamong Budaya Museum Kota Bengkulu dan Guru Kelas IV dan V SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman diantaranya data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah dan filosofi pada rumah adat Bubungan Lima yakni rumah dibuat berpanggung untuk melindungi penghuni dari binatang liar, jumlah anak tangga yang ganjil, dan struktur rumah terdiri dari beranda, hal, ruang tegah, bilik, ruang makan, beranda belakang, garang, dapur. Aspek Matematis ; aktivitas counting yaitu membilang jumlah anak tangga dan jumlah tiang rumah adat. Aktivitas measuring yaitu menentukan ukuran ruangan rumah. Locating yaitu menentukan arah dan lokasi penegakan rumah adat, Serta designing yaitu rancang bangun, rancang dan rancang atap. Terdapat materi geometri dari etnomatematika diantaranya bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan lingkaran). Bangun ruang (limas segiempat, balok, prisma tegak segiempat) Kesebangunan dan kekongruenan hingga transformasi geometri (refleksi). Sehingga dapat dijadikan sumber belajar. Kata Kunci: Etnomatematika; Rumah Adat Bubungan Lima; Sumber Belajar; Materi Geometri
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:45 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20140 |
Actions (login required)
View Item |