PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II B SD NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Pebriana, Reni and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2023) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II B SD NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Reni Pebriana_A1G019001_Skripsi PGSD_FKIP_UNIB - Reni Pebriana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media aplikasi KineMaster dalam aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II B SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II B SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Jumlah siswa kelas II B yaitu 28 siswa dengan 15 siswa laki-laiki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media aplikasi KineMaster dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 66,5 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 89 dengan kategori baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I sebesar 67,5 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 88,5 dengan kategori baik. Pada rata-rata prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I sebesar 69,28 dengan ketuntasan belajar 57,14% meningkat pada siklus II sebesar 83,21 dengan ketuntasan belajar 89,28% dan mata pelajaran SBdP pada siklus I sebesar 66,42 dengan ketuntasan belajar 53,57% meningkat pada siklus II sebesar 83,92 dengan ketuntasan belajar 82,14%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media aplikasi KineMaster dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II B SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model, Contextual Teaching and Learning, KineMaster, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:00
Last Modified: 19 Aug 2024 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item