Akhmad, Gusti and Alexon, Alexon and Irfan, Supriatna (2023) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Kelas V SDN 17 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI GUSTI AKHMAD - Gusti Akhmad.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V B SD Negeri 17 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Rencana; (2) Tindakan; (3) Observasi; (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint dan aktivitas belajar dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil penelitian untuk Pelaksanaan Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint pada siklus I mendapatkan kategori cukup dan meningkat pada siklus II mendapatkan kategori sangat baik. Untuk hasil aktivitas belajar siklus I dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan kategori baik. Prestasi belajar siswa siklus I pada mapel Bahasa Indonesia diperoleh ketuntasan belajar klasikal 52,1%. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 86,9%. Dan pada mapel IPA nilai ketuntasan belajar klasikal 47,1% meningkat pada siklus II yaitu dengan ketuntasan belajar klasikal 78,2%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V B SDN 17 Kota Bengkulu Kata kunci: Model Numbered Head Together, PowerPoint, Atkivitas, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20168 |
Actions (login required)
View Item |