PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN GUGUS II BENGKULU UTARA

Afriani, Nur and Resnani, Resnani and Irfan, Supriatna (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN GUGUS II BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-NUR AFRIANI-A1G017032_compressed - Nur Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitan ini adalah seluruh kelas III SD gugus II Bengkulu Utara. Sampel penelitian adalah kelas III SDN 087 Bengkulu Utara dan kelas III A SDN 080 Bengkulu Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan penentuan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dicapai peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk hasil belajar aspek pengetahuan diperoleh nilai thitung sebesar 6,15 dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,69 dimana thitung ≥ ttabel. Dengan rincian presentase nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,78 sedangkan kelas kontrol adalah 62,78. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan kelas eksperimen 78% sedangkan kelas kontrol 65%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan kelas eksperimen sebesar 75% sedangkan kelas kontrol 61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menerapkan model Make a Match. Kata Kunci: Tematik, Model pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item