INOVASI PENGELOLAAN KELAS INDUSTRI UNTUK KETERPENUHAN KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 4 KEPAHIANG (Studi Kasus Kerjasama dengan PT. Astra Daihatsu Motor )

Hartanto, Hartanto and Rambat, Nur Sasongko and Manap, Somantri (2023) INOVASI PENGELOLAAN KELAS INDUSTRI UNTUK KETERPENUHAN KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 4 KEPAHIANG (Studi Kasus Kerjasama dengan PT. Astra Daihatsu Motor ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS Hartanto Perpustakaan unib - Seli Karisma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian adalah untuk mendeskripsikan Inovasi pengelolaan kelas industri untuk keterpenuhan kompetensi lulusan program keahlian Teknik kendaraan ringan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kepahiang. Secara khusus mendeskripsikan perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi. Metode Penelitian ini deskriptif kualitatif, Teknik dengan wawancara, observasi, dokumentasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Ketua Program studi, Wakil kurikulum, Guru dari pihak mitra serta Siswa. Observasi dan dokumentasi, untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, reduksi serta di analisis. Simpulan dari penelitian ini adalah Inovasi Pengelolaan kelas industri dimulai perencanaan dengan bekerjasama pihak sekolah dan industri dan dilanjutkan dengan penyusunan kurikulum, sarana dan prasarana kelas industri. Pelaksanaannya disesuaikan dengan kurikulum yang telah disusun serta menerapkan kompetensi budaya industri 5S dan 5R, uji kompetensi siswa dilakukan di industri Daihatsu. Evaluasi program kelas industri dilakukan setelah proses pelaksanaan kelas industri oleh kedua belah pihak, evaluasi program yang tertulis dalam nota kesepahaman penyelenggaraan kelas industri, hal tersebut dimaksudkan sebagai sebuah pengendalian mutu. Program ini baru berjalan dua tahun belum ada siswa lulusan sehingga keterserapan siswa di PT. Astra Daihatsu Motor belum ada. Kata Kunci : Inovasi Pengelolaan Kelas Industri, Pemenuhan Kompetensi, Teknik Kendaraan Ringan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:12
Last Modified: 19 Aug 2024 09:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20220

Actions (login required)

View Item View Item