PENENTUAN HARGA JUAL KOPI BERAS BERDASARKAN PROSES YANG DILAKUKAN PEDAGANG PENGUMPUL DI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Ridho, Pratama and Damres, Uker and Meizul, Zuki (2022) PENENTUAN HARGA JUAL KOPI BERAS BERDASARKAN PROSES YANG DILAKUKAN PEDAGANG PENGUMPUL DI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Ridho_Pratama_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Bengkulu Tengah dan sebagai sumber pendapatan petani di daerah tersebut, termasuk di Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Ada dua jenis tanaman kopi yang dikembangkan di daerah ini yaitu : Arabica dan Robusta, tetapi jenis Robusta lebih banyak dikembangkan. Hal ini disebabkan jenis tersebut dianggap lebih enak dan lebih tinggi kandungan kafeinnya. Produksi kopi robusta 2.559 ton dan Arabica 192 ton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan proses pengolahan yang mempengaruhi penentuan harga beli dan jual kopi beras di pedagang pengumpul serta untuk mengetahui nilai tambah, penerimaan, keuntungan yang di peroleh pedagang pengumpul kopi beras. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, penyebaran kuisioner, dan studi dokumen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian perorangan, kelompok, dan organisasi, sedangkan data sekunder adalah data dalam bentuk yang sudah jadi (tersedia) melalui publikasi dan informasi/dokumentasi yang dikeluarkan diberbagai organisasi atau perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kopi yang dibeli pedagang pengumpul adalah Kopi Robusta. Harga beli kopi beras dari petani sebesar Rp.22.500/kg, sedangkan harga jual sebesar Rp. 25.500/kg. Nilai tambah, penerimaan, dan keuntungan yang diperoleh pedagang pengumpul kopi beras secara berturut-turut sebesar Rp 2.275,82/minggu, Rp 12.826.500/minggu, dan Rp 11.958.358/minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:50
Last Modified: 20 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item View Item