PEMBINAAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL (Studi Kasus di SMPN 08 Bengkulu Utara)

Zulyadin, Zulyadin and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2023) PEMBINAAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL (Studi Kasus di SMPN 08 Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS ZULYADIN perpus unib - anis Mawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembinaan kinerja guru dalam pembelajaran bidang studi Bahasa Inggris di sekolah terpencil (studi kasus di SMPN 08 Bengkulu Utara). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan empat aspek rumusan masalah, yaitu pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas mata pelajaran, pembinaan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan hasil pembinaan kinerja guru. Data penelitian didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembinaan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam hal ini mencakup empat aspek indikator pencapaian, yaitu pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin, pemberian motivasi, dan pemberian pelatiahan; (2) pembinaan kinerja guru bidang studi bahasa inggris yang dilakukan oleh pengawas mata pelajaran, dalam hal ini mencakup tiga aspek indikator pencapaian, yaitu pembinaan administrasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hubungan interpersonal antara guru dan siswa; (3) pembinaan kinerja guru yang dilakukan oleh kelompok Musyawara Guru Mata Pelajaran (MGMP), dalam hal ini mencakup tiga aspek indikator pencapaian, yaitu pengembangkan pembelajaran, pemberian motivasi, dan pengembangan diri; dan (4) hasil pembinaan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris melalui pembinaan kinerja guru dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris SMPN 08 Bengkulu Utara yang ditandai dengan adanya peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran, dan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan capaian mutu sekolah yang lebih kondusif, efektif dan efesien. Kata kunci: Pembinaan, Kinerja Guru, Bidang Studi Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:11
Last Modified: 20 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item