PENGEMBANGAN E- BOOKLET MATERI GELOMBANG TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI PULAU ENGGANO UNTUK MEMBEKALKAN KEMAMPUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA SISWA SMA

Fitri, Elsi Adelia and Bhakti, Karyadi and Henny, Johan (2023) PENGEMBANGAN E- BOOKLET MATERI GELOMBANG TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI PULAU ENGGANO UNTUK MEMBEKALKAN KEMAMPUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESISI ELSI ADELIA FITRI (A2L021008) PERPUSSSSS - Elsi Adelia Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-booklet materi gelombang terintegrasi mitigasi bencana tsunami di pulau Enggano untuk membekalkan kemampuan kesiapsiagaan bencana tsunami pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model 4D yang melibatkan 30 orang siswa-siswi kelas XI SMA N 1 Kota Bengkulu. Pada tahap define define (pendefinisian) yaitu tahap yang digunakan dalam mendefinisikan syarat-syarat pengembangan yang dilakukan dan menganlaisis kajian mitigasi bencana tsunami yang ada di pulau Enggano. Berdasarkan hasil analisis upaya mitigasi yang terdapat di pulau Enggano dapat berupa upaya sturktural berupa mangrove, bangunan pemecah ombak dan upaya non structural berupa menanamkan materi mitigasi bencana tsunami melalui pembelajaran kepada siswa di sekolah. Rancangan e- booklet terdiri dari 3 bagian yaitu: bagian awal, inti dan penutup. Selanjutnya untuk meilhat kelayakan E-booklet dilakukan validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafisan dengan rata-rata skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada tahap implementasi. Tingkat kesiapsiagaan bencana tsunami setelah menggunakan e-booklet diperoleh dari hasil posttest dan angket kesiapsiagaan bencana dengan skor sebesar 84 angka ini dalam klasifikasi indeks kesiapsiagaan termasuk kategori kesiapsiagaan tinggi berdasarkan 5 parameter kesiapsiagaan bencana. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah memiliki tingkat kesiapsiagaan pada kriteria sangat siap dalam menghadapi bencana. Kata Kunci: E-Booklet, Kesiapsiagaan Bencana, Mitigasi Bencana, Pulau Enggano, Tsunami.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:39
Last Modified: 20 Aug 2024 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item