PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Herlika, Herlika and Bambang, Sahono and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
HERLIKA_A2M021014 - Herlika Herlika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multimedia interaktif virtual laboratorium yang layak untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas multimedia interaktif virtual laboratorium yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada materi daya hantar listrik. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA di SMA Kota Bengkulu, yaitu SMAN 4 dan SMAN 7 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian, lembar respon dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah rata-rata (mean), uji paired test dan uji independent sampel t-test. Instrumen validasi ahli dan respon siswa terhadap produk dalam penelitian ini adalah skala Likert. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif virtual laboratorium yang dikembangkan dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Laboratorium Virtual, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:59
Last Modified: 20 Aug 2024 04:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item