ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN TERHADAP KELAYAKAN KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Simpang 4 Kampung Bali Menuju Kampus UNIB)

Maya, Nurhalimah and Samsul, Bahri and Yuzuar, Afrizal (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN TERHADAP KELAYAKAN KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Simpang 4 Kampung Bali Menuju Kampus UNIB). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
MAYA NURHALIMAH G1B019038 SKRIPSI. - Maya Nurhalimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini berdasarkan atas survei pendahuluan yang menggambarkan kondisi Jalan Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali menuju ke arah Kampus UNIB dimana kondisi jalan terdapat banyak lubang, bergelombang, trotoar berukuran kecil dan tidak menyeluruh ada di sepanjang jalan serta saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Kondisi jalan di bagian jembatan juga terdapat gelombang dan lubang-lubang. Selain itu jika turun hujan lebat untuk beberapa waktu, terjadi genangan air yang menyebabkan banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data eksisting geometrik jalan, mendapatkan perhitungan nilai arus lalu lintas dan kecepatan tempuh kendaraan, serta mendapatkan nilai sebenarnya kondisi jalan Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali menuju ke arah Kampus UNIB berdasarkan jawaban responden. Metode yang digunakan ialah metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode IPA digunakan untuk mendapatkan hasil kuadran. Metode CSI digunakan untuk memperoleh hasil rata-rata nilai CSI. Metode ini digunakan berdasarkan atas jawaban 100 responden yang telah mengisi kuesioner. Responden terdiri atas 68 orang bergender laki-laki dan 32 orang bergender perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pengguna jalan dengan menggunakan metode IPA menghasilkan nilai tingkat penerapan (X) sebesar 0,49 dan nilai tingkat kepentingan (Y) sebesar 0,51 berada pada kuadran II, yang menunjukkan bahwa kondisi jalan belum sesuai harapan pengguna jalan. Hasil analisis dengan menggunakan metode CSI menghasilkan nilai rata-rata CSI sebesar 0,61 termasuk dalam kategori tidak puas. Dengan demikian Jalan Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali Menuju Kampus UNIB memiliki kinerja yang tidak memuaskan atau belum sesuai harapan pengguna jalan. Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Metode Importance Perfomance Analysis (IPA), Metode Customer Satisfaction Index (CSI).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:45
Last Modified: 22 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item