PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LOVE OF MONEY, DAN KEYAKINAN BERAGAMA TERHADAP NIAT CURANG (FRAUDULENT INTENTIONS) (Studi Pada Aparatur Sipil Negara Di Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu)

Armaini, Yulli and Rini, Indriani and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LOVE OF MONEY, DAN KEYAKINAN BERAGAMA TERHADAP NIAT CURANG (FRAUDULENT INTENTIONS) (Studi Pada Aparatur Sipil Negara Di Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YULLI ARMAINI C1C019017 - Yulli Armaini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kasus kecurangan dapat terjadi di organisasi swasta ataupun pemerintahan. Kecurangan merupakan masalah serius yang sampai saat ini masih terjadi dan sepenuhnya belum dapat dituntaskan. Kecurangan dapat terjadi karena adanya niat melakukan curang. Niat yakni tergeraknya hati menuju apa yang dianggapnya sesuai dengan tujuan, baik untuk memperoleh manfaat atau mencegah keburukan. Apabila niat seseorang baik, maka tindakan yang dihasilkan menjadi baik. Sebaliknya, apabila niat seseorang buruk maka tindakan yang dihasilkan juga akan menjadi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, love of money, dan keyakinan beragama terhadap niat curang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan di OPD Provinsi Bengkulu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SmartPLS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fraud triangle dan teori GONE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap niat curang, love of money berpengaruh terhadap niat curang, dan keyakinan beragama berpengaruh terhadap niat curang. Hasil penelitian ini telah mendukung salah satu elemen dari teori GONE yakni keserakahan (greed) yang berkaitan dengan penyebab terjadinya kecurangan. Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan untuk Pemerintah Indonesia, khususnya di provinsi Bengkulu, dapat menggunakan prinsip-prinsip spiritual dalam upaya untuk menghentikan orang dari perencanaan penipuan yang akan merugikan bangsa dan masyarakat. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya dapat memperhatikan dan memperbaiki setiap butir pertanyaan kuesioner agar dapat memperoleh data yang lebih valid. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis lebih lanjut terkait hipotesis yang ditolak, serta memodifikasi hipotesis yang ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:48
Last Modified: 23 Aug 2024 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20507

Actions (login required)

View Item View Item