PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu)

Hafizh Muchfarild, Muhammad and Pratana, P. Midiastuti and Saiful, Saiful (2024) PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Muhammad Hafizh Mcuhfarild_ - Hafizh Muchfarild.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kecurangan akademik di lingkungan perguruan tinggi telah menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir. Praktik kecurangan akademik seperti mencontek menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa selama melakukan kegiatan belajar mengajar diperkuliahan. Tindak kecurangan akademik dilakukan lantara ada beberapa faktor yang mendorong untuk melakukan hal tersebut. Faktor ini terdiri dari tekanan, kesempatan, pembenaran dan kemampuan atau yang sering disebut dengan dimensi fraud diamond. Penelitian ini juga menggunakan variabel raligiusitas sebagai variabel moderasi guna melihat apakah variabel ini dapat memperlemah hubungan dimensi fraud diamond terhadap kecurangan akademik. Penelitian ini bertujuan membuktikan apakah ada pengaruh tekanan, kesempatan, pembenaran, dan kemampuan (dimensi fraud diamond) terhadap kecurangan akademik dan apakah variabel religiusitas dapat mememoderasi hubungan dimensi fraud diamond terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa aktif S1 Akuntansi Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan SmartPLS ver.3.2.9 dalam menganalisis data penelitian. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif S1 Akuntansi Universitas Bengkulu dengan total mahasiswa aktif sebanyak 749 orang dari Angkatan 2018-2021 dan sebanyak 310 responden yang telah mengisi kuesioner. Data diperoleh dari kuesioner yang didistribusikan secara online melalui google form yang diberikan melalui grup WhatsApp maupun personal chat dan secara offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesempatan dan pembenaran berpengaruh positif terhadap kecurangan akademik, variabel tekanan dan kemampuan tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik, variabel religiusitas berpengaruh negative terhadap kecurangan akadmeik, variabel religiusitas hanya dapat memoderasi hubungan antara variabel kesempatan terhadap kecurangan akademik sedangkan untuk hubungan antara variabel tekanan, kemampuan, dan pembenaran terhadap kecruangan akademik tidak dapat dimoderasi oleh variabel religiusitas. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan untuk membangun konsep-konsep baru dan dapat bermanfaat sebagai referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya sedangkan hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan dan pertimbangan kepada perangkat desa dalam hal mempertahankan kinerja pengelolaan dana desa. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah responden yang dituju jarang ada dikantor sehingga, peneliti meminta bantuan dari pihak kecamatan untuk memberikan rekomendasi dalam menyebarkan kuesioner ini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:57
Last Modified: 23 Aug 2024 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item View Item