KINERJA APARATUR KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BENGKULU PADA TAHUN 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19

Martua, Dame and Jarto, Fahruzzaman and Jatmiko, Robinson (2021) KINERJA APARATUR KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BENGKULU PADA TAHUN 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DAME MARTUA (D1D117004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja aparatur KPU Kota Bengkulu yang dianalisis dengan teori kinerja terdiri lima aspek yaitu kuantitas, ketepatan waktu, kualitas, ketepatan waktu, biaya dan prilaku kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi serta wawancara mendalam terhadap informan. Pemilihan informan menggunakan tehnik purposive sampling sebanyak sembilan informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur KPU Kota Bengkulu telah berjalan dengan efektif, berdasarkanlima aspek yang menjadi kajian dalam penelitian ini yakni: Pertama, aspek kuantitas bahwasannya target yang dibuat telah terealisasi dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Kedua, pada aspek ketepatan waktu, aparatur telah melaksanakan kegiatan dengan lancar dan tepat pada waktunya. Ketiga, aspek kualitas aparatur memiliki mutu kerja yang baik karena jumlah beban kerja yang ditargetkan terealisasi sepenuhnya dengan baik. Namun, terdapat masalah dalam sub bagian hukum bahwasanya belum mencapai beberapa target dikarenakan terjadi revisi DIPA (Daftar Isian Pelaksana anggaran) di akhir Tahun sehingga tidak dapat dilaksanakan semua yang ditargetkan dan yang terealisasi tersebut yang dibutuhkan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di masa pandemi Covid-19. Keempat, Biaya dengan anggaran yang diterima dari APBN yakni akun belanja pegawai dan akun belanja barang. Terakhir, perilaku kerja yang terdapat pada aparatur yaitu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berupa pelayanan dari media sosial, berkomitmen dengan cara menerima tugas yang dilakukan sesuai dengan arahan yang diberikan, disiplin waktu, berpakaian dengan rapi hingga kehadiran yang baik, kerjasama seperti mendata daftar pemilih dan sebelum bekerja adanya apel pagi hingga motivasi yang diberikan berupa reward dari pemimpin.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:54
Last Modified: 26 Aug 2024 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item