REDUKSI PUPUK NITROGEN SINTETIK DENGAN PUPUK BIO-ORGANIK BERSEMAT KONSORSIA BAKTERI TOLERAN SALIN PADA PRODUKSI PAKCOY DI ENTISOLS

Harinda, Mewah Dwi Seftiani and Marwanto, Marwanto and Merakati, Handajaningsih (2023) REDUKSI PUPUK NITROGEN SINTETIK DENGAN PUPUK BIO-ORGANIK BERSEMAT KONSORSIA BAKTERI TOLERAN SALIN PADA PRODUKSI PAKCOY DI ENTISOLS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI HARINDA MEWAH E1J018048 - Harinda Mewah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Salinitas tanah merupakan cekaman abiotik utama pada pertumbuhan tanaman di Entisols. Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas penggunaan pupuk bio�organik bersemat konsorsia bakteri PGPR toleran salin dalam mengurangi penggunaan pupuk N sintetis untuk pertumbuhan dan hasil pakcoy di Entisols. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni-Juli 2022 di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan faktor tunggal dengan lima ulangan, Perlakuan meliputi kombinasi pupuk urea dan bio-organik dengan proporsi yang berbeda, yaitu 100% urea + 0% bio-organik, 0% urea + 100% bio-organik, 75% urea + 25% bio-organik, 50% urea + 50% bio-organik, dan 25% urea + 75% bio-organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kombinasi urea dan bio-organik mempengaruhi tinggi tanaman, kehijauan daun, luas daun, berat segar tanaman, berat kering tanaman, berat segar akar, dan berat kering akar dan shoot root ratio. Penggunaan 75% pupuk bio-organik dikombinasikan dengan 25% pupuk N sintetik yang direkomendasikan memiliki efek yang sama dengan pemupukan 100% N sintetik ditunjukkan oleh tinggi tanaman, Luas daun, bobot segar akar, bobot kering akar, bobot segar pucuk, bobot kering pucuk. Pengurangan pupuk N sintetis untuk produksi pakcoy dapat mencapai 75% karena efek komplementer dari konsorsia bakteri PGPR.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:54
Last Modified: 26 Aug 2024 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20542

Actions (login required)

View Item View Item