PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan di SMKN Kota Bengkulu)

Yunita, Tri and Alexon, Alexon and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan di SMKN Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESis_cover_daftar pustaka_KUMPUL - Tri Yunita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengembangkan Bahan ajar berbasis Learning Management System pada mata pelajaran Dasar-dasar Kejuruan kelas X yang layak sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserga didik, selain itu bertujuan untuk mengetahui efektif dalam penggunaan bahan ajar berbasis LMS dalam kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada program kompetensi keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari (A)nalysis/ analisis, (D)esign/ merancang, (D)evelopment/ mengembangkan, (I)mplementation/ implementasi, dan (E)valuation/ mengimplementasikan. Subjek penelitian ini adalah Guru dan peserta didik SMKN Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian oleh ahli, lembar angket kemandirian, tes peserta didik.Analisis data menggunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t, instrument validasi ahli menggunakan skala Likert. Hasil penelitan menunjukkan bahan ajar yang digunakan layak oleh peserta didik dan pengembangan bahan ajar berbasis Learning Management System dapat meningkatkan Kemandirian dan prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Bahan Ajar, LMS, Learning Management System, Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, ADDIE, e-learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:03
Last Modified: 26 Aug 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20589

Actions (login required)

View Item View Item