PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA/SMK

Fitriani Ramadhon, Dian and Noermanzah, Noermanzah and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA/SMK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
250124_Skripsi_Dian Fitriani R_compressed - Dian Fitriani Ramadhon.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif adalah media pembelajaran yang menghubungkan teks, suara, gambar bergerak, dan video yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada pemahaman materi teks biografi layak dan efektif digunakan oleh siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket respons siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, siswa menyukai media pembelajaran yang bentuknya audio-visual, dengan terdapat animasi yang menarik, dan berbagai menu pilihan di dalamnya. Guru juga menginginkan media yang dapat menyajikan materi dengan lengkap dan dapat memvisualisasikan materi pembelajaran teks biografi dengan menarik. Hasil desain produk yang dihasilkan terdapat menu pendahuluan, materi, informasi, dan evaluasi dan media yang dihasilkan berbentuk web browser berupa html5. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh para validator (ahli media maupun ahli materi) dalam persentase keseluruhhan memeroleh 93,21% dengan kategori sangat layak dengan penghitungan persentase kelayakan media mendapatkan hasil sebesar 95,53% dan mendapat hasil sebesar 90,89% pada kelayakan materi. Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pemahaman materi teks biografi juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memudahkan siswa dalam memahami teks biografi, dan menjadi sumber belajar mandiri. Hal tersebut dibuktikan melalui rangkaian uji coba terbatas kepada 15 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dan menghasilkan respons siswa terhadap aspek kelayakan media pembelajaran dari angket yang disebarkan. Hasil penghitungan persentase kelayakan media pembelajaran dari sudut pandang siswa mendapatkan hasil sebesar 95,19% dan respon guru mendapat persentase sebesar 96,33%. Dengan demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pemahaman materi teks biografi kelas X SMA/SMK sangat layak danefektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Kelebihan dari media pembelajaran ini yaitu dapat digunakan baik secara online dan offline dan mudah digunakan diberbagai perangkat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item View Item