i MODEL PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK KABUPATEN REJANG LEBONG

Suparman, Asep and Sudarwan, Danim and Nirwana, Nirwana (2023) i MODEL PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK KABUPATEN REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
DISERTASI ASEP ke Perpustakaan Universitas - Asep Suparman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pengelolaan pembiayaan pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Kabupaten Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dokumentasi dan diskusi terpumpun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) perencanaan penganggaran dilakukan dengan skala prioritas dari berbagai sumber pembiayaan; (b) pengorganisasian pembiayaan dilakukan dengan membentuk tim manajemen dan pengurus komite sekolah; (c) pembelanjaan pembiayaan dilakukan melalui SIPLah dan non SIPLah; (d) monitoring dan evaluasi penggunaan pembiayaan dilakukan secara berkala oleh lembaga yang berwenang; (e ) model pengelolaan pembiayaan sekolah yang diteliti menggunakan model IPPO (input, process, product, outcome) yang diperoleh berdasarkan visi misi, regulasi yang terkait, akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan, proses pembelajaran, mutu hasil pembelajaran dan keterserapan lulusan dalam dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Penelitian ini memberi kontribusi bagi praktisi pengelola SMK dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kata Kunci: model pengelolaan pembiayaan, mutu pembelajaran, SMK

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:43
Last Modified: 26 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item