PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Ermiati, Erika and I Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ERIKA ERMIATI (A1L018045) - Erika Ermiati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok teknik stress inoculation training terhadap stres akademik siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 6 siswa yang memiliki tingkat stres akademik tertinggi. Pengambilan sampel menggunakan model purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t- test). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tingkat stres akademik siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik stress inoculation training sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 130,5 dalam kategori sangat tinggi dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 98 dalam kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan t= 12.047 (p<0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok teknik stress inoculation training terhadap stres akademik siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Stres Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Stress Inoculation Training

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item