KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BK DENGAN MINAT SISWA UNTUK MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS X DAN XI KELAUTAN DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Andrian, Niko and Sri, Saparahayuningsih and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BK DENGAN MINAT SISWA UNTUK MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS X DAN XI KELAUTAN DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_NIKO_ANDRIAN_A1L016051 - Niko Andrian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dengan minat siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok pada siswa kelas X dan XI Kelautan di SMKN 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Kelautan SMK Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 98 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 siswa yang ditetapkan berdasarkan teknik pengambilan sampel total sampling. Sampel pada penelitian ini juga terbagi dua yaitu sampel uji coba dan sampel penelitian. Teknik pengambilan data mengunakan kuisoner (angket) dengan skala model Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok dengan hasil Uji Hipotesis (rxy) menunjukan sebesar 0,494 pada taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) artinya bahwa terdapat hubungan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok pada siswa kelas X dan XI Kelautan di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Artinya, semakin tinggi persepsi siswa tentang kompetensi guru BK maka semakin tinggi minat siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok. Sebaliknya, semakin rendah persepsi siswa tentang kompetensi guru BK maka semakin rendah minat siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok. Kata kunci : Minat, Persepsi, Konseling Kelompok, Kompetensi Guru BK

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:20
Last Modified: 26 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item