PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Wanuddin, Dede and Gumono, Gumono and Suryadi, Suryadi (2023) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
070723_SKRIPSI_Dede Wanuddin - Dede Wanuddin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Metode cooperative integrated reading and composition memiliki kelebihan dapat memotivasi siswa untuk menghasilkan lebih banyak ide dan gagasan kreatif yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks persuasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pre-eksperimen, melihat penerapan metode cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran menulis teks persuasi terpadu membaca dan menulis dilaksanakan dua kali pertemuan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yakni atas dasar tujuan tertentu diambil siswa kelas VIII-A sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen penelitian berupa petunjuk dan rubrik penilaian hasil tes kemampuan menulis teks persuasi sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan rumus uji paired t-test, sebelum dilakukan uji hipotesis tentunya ada uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan rumus uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis teks persuasi. Hal ini dibuktikan dengan uji t, jika dilihat dari sign (2-tailed) yaitu 0.000<0.05 maka Ho ditolak. Kata kunci: metode, kemampuan menulis, teks persuasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:31
Last Modified: 27 Aug 2024 02:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item