ANALISIS EJAAN DAN KONJUNGSI BERITA PENDIDIKAN PADA KORAN BENGKULU EKSPRESS EDISI JANUARI 2023

Pengku, Angga Asewa and Gumono, Gumono and Rio, Kurniawan (2023) ANALISIS EJAAN DAN KONJUNGSI BERITA PENDIDIKAN PADA KORAN BENGKULU EKSPRESS EDISI JANUARI 2023. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Bismillah Skripsi Angga 10 Agustus - RRR LIRIK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada analisis teks berita pendidikan pada koran bengkulu ekspress edisi januari 2023 dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konjungsi bahasa Indonesia pada analisis teks berita pendidikan pada koran bengkulu ekspress edisi januari 2023. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data ini dilakukan menggunakan metode analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa koran Bengkulu Ekpress masih banyak yang harus dievaluasi lagi di beberapa dimensi terutama mengenai penggunaan ejaan kata masih terdapat pada beberapa kesalahan penulisan huruf yaitu pada huruf miring, khususnya pada kata-kata serapan atau kata asing serta kesalahan tanda baca pada koran Bengkulu Ekpress edisi Januari 2023 yaitu masih ada kesalahan pada penggunaan tanda baca koma (,) dan titik (.) khususnya pada penulisan gelar yang belum sesuai dengan EYD V, begitu juga pada bagian konjungsi yang terlalu banyak pemborosan kata dalam suatu kalimat seperti contoh konjungsi subbordinatif (yang) dan konjungsi subkoordinatif (telah) dalam satu kalimat menyebabkan pemborosan kata. Kata Kunci: Analisis Teks, Ejaan, Konjungsi, EYD V, Koran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:31
Last Modified: 27 Aug 2024 02:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item