PENGARUH DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS TERHADAP KETERSEDIAAN KARBON (C), NITROGEN (N), NISBAH C/N TANAH DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.) DI ENTISOLS PESISIR

Eksa, Tri Rezeki and RR Yudhi, Harini B and Hasanudin, Hasanudin (2023) PENGARUH DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS TERHADAP KETERSEDIAAN KARBON (C), NITROGEN (N), NISBAH C/N TANAH DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.) DI ENTISOLS PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_EKSA TRI REZEKI_E1F018021 - eksa _tr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Entisols merupakan tanah yang relatif kurang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman sehingga perlu upaya untuk meningkatkan produktivitasnya dengan jalan pemupukan. Entisols mempunyai kadar lempung dan bahan organik rendah, sehingga daya menahan airnya rendah, struktur remah sampai berbutir dan sangat sarang. Hal ini menyebabkan tanah tersebut mudah melewatkan air dan air mudah hilang karena perkolasi. Entisols umumnya cukup mengandung unsur P dan K yang masih segar dan belum siap untuk diserap tanaman tetapi kekurangan unsur N. Vermikompos merupakan kotoran cacing tanah yang mengandung banyak mikroorganisme dan bahan organik yang tersedia bagi tanaman dibandingkan dengan yang terdapat di dalam tanah. Vermikompos banyak mengandung nutrisi bagi tanaman seperti nitrat, fosfat, dan potassium yang mudah terlarut. Vermikompos dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting setelah padi. Jumlah jagung yang diproduksi oleh masyarakat belum cukup untuk memenuhi permintaan pasar karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang bagaimana cara membudidayakan jagung yang benar dan baik dan tanah atau lahan untuk tanaman jagung telah banyak dialih fungsikan sebagai gedung-gedung dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis optimum vermikompos terhadap beberapa sifat kimia tanah dan hasil tanaman jagung di Entisols pesisir Bengkulu. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL), 7 level dosis vermikompos yaitu 0; 2,5; 5,0; 7,5; 10; 12,5; 15 tonha- 1 . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis of Variance (ANAVA) dengan uji F taraf 5%. Apabila berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Polinomial Orthogonal (PO) taraf 5%. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa terdapat unteraksi posisitif atau dengan kata lain berpengaruh nyata pada variabel pengamatan N-Total, bobot berangkasan kering, bobot tongkol berkolobot, serta bobot tongkol tanpa kolobot. Sedangkan pada C-Organik, C/N ratio, dan bobot pipilan kering tidak terdapat pengaruh nyata terhadap pemberian vermikompos.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:26
Last Modified: 27 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item