KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA SEMESTER IV PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN PRODI. PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU

Wahyudi, Rahmat and M. Arifin, M. Arifin and Didi, Yulistio (2023) KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA SEMESTER IV PRODI. PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN PRODI. PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA SEMESTER IV FKIP UNIVERSITAS BENGKULU - P - RRR LIRIK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (947kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Semester IV prodi. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Prodi. Pendidikan IPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, penggunaan metode ini dipandang sesuai karena metode ini dapat dipakai untuk mendeskripsikan hasil penilaian tingkat membaca mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa FKIP Semester IV Universitas Bengkulu yang berjumlah 952 orang mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 47 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester IV Universitas Bengkulu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes, kisi- kisi, dan pedoman penilaian. Validitas dan reliabilitas dilakukan dengan cara validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis Kuantitatif digunakan statistik deskriptif yaitu rata- rata dan persentase, tabel frekuensi, tabel histogram, persentase nilai terendah, sedangkan analisis kualitatif yang digunakan adalah kategori skor skala. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca cepat mahasiswa semester IV prodi. Bahasa Indonesia dan Prodi. IPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu masuk dalam kategori lambat atau masih di bawah standar kemampuan membaca cepat yang harus dimiliki mahasiswa di mana hasil menunjukkan rata-rata sebesar 157 KPM dengan rata-rata 80% pemahaman. Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Semester IV Prodi. Bahasa Indonesia Dan Prodi. IPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dalam membaca cepat masih lambat disebabkan pertama khawatir tidak memahami bahan bacaan yang akan mempengaruhi kecepatan baca dan pemahaman, kedua kurangnya mahasiswa melakukan tes kecepatan membaca, ketiga kurangnya mahasiswa dalam memahami isi teks. Padahal pemahaman isi sangat mempengaruhi kemampuan membaca cepat. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Cepat, Pemahaman, Kecepatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20691

Actions (login required)

View Item View Item