PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Jumiyati, Meli and Agus, Joko Purwadi and Padi, Utomo (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
MELI JUMIYATI_A1A019043_FKIP BAHASA INDONESIA_SKRIPSI_compressed (1) - Meli Jumiyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, berdasarkan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji Validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Namun ada sebagian langkah-langkah pembelajaran yang tidak tercermin pada Modul ajar, sedangkan untuk kegiatan pendahuluan dan penutup sudah sesuai modul ajar. Pertama, kegiatan pendahuluan, guru mengucapkan salam, menyapa siswa, menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis, melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, Kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak siswa untuk memahami pengertian dan unsur-unsur pembangun teks cerpen dan membuat kerangka cerpen, serta memproduksi teks cerpen. Ketiga kegiatan penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran dengan melibatkan siswa sehingga guru mengetahui pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu modul ajar. Menurut wawancara, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning, akan tetapi dalam proses pembelajaran penerapan model pembelajaran tersebut tidak tercermin di modul ajar guru. Penilaian yang dilakukan guru mencakup rubrik penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan. KATA KUNCI: Pelaksanaan pembelajaran, Menulis, Teks Cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item